Kamis, 25 September 2014

CARA MEMBUAT JUDUL SKRIPSI TERMUDAH

Membuat atau menentukan judul skripsi ternyata bukan perkara yang mudah. hal ini dikarenakan judul skripsi akan menentukan keseluruhan isi skripsi yang akan dikerjakan. tak jarang para mahasiswa akan kelimpungan dan ditimpa stress berkepanjangan hanya karena kesalahan dalam membuat judul skripsi. 

 sebelum membuat judul hendaknya anda mempertimbangkan beberapa hal penting. seperti waktu penelitian dan tingkat kesulitan skripsi itu sendiri. banyak mahasiswa yang berapi-api dalam membuat judul terbaik tetapi pada akhirnya harus menyesal ditengah jalan karena judul yang dibuat ternyata sangat sulit dan membutuhkan jangka waktu yang lama dalam penelitiannya. sehingga harus rela untuk menunda waktu wisuda nya. 

hal lain yang harus dipertimbangkan dalam membuat judul skripsi adalah jenis metode penelitian dan instrument penelitian. dua hal tersebut ternyata menjadi sandungan terbesar bagi para mahasiswa terlebih jika mahasiswa tersebut tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai metode penelitian dan instrument yang tepat bagi penelitannya.
berikut ini adalah cara membuat judul skripsi yang tepat 
1. Tentukan masalah 
teliti terlebih dahulu berbagai masalah yang dihadapi dalam ruang lingkup atau bidang kuliah anda. semakin banyak masalah yang anda temukan akan semakin terbuka banyak judul skripsi yang mengalir.
2. Tentukan variabel
dari berbagai masalah yang anda temukan anda dapat menentukan berbagai variabel yang akan digunakan dalam penelitian yang akan anda kerjakan. pilihlah variabel yang sesuai dengan minat anda.
3. Tentukan metode penelitian
nah! pada saat menentukan metode penelitian pertimbangkan baik-baik langkah yang akan anda ambil. karena hal ini menentukan tingkat kesulitan penggarapan skripsi. metode penelitian kualitatif biasanya memakan waktu yang cukup lama ketimbang metode kuantitatif. anda bisa melihat berbagai skripsi dan membandingkannya terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang jenis skripsi yang akan anda kerjakan.
4. langsung kerja
jika 3 poin diatas sudah rampung anda bisa langsung membuat/menetukan judul skripsi dan tentunya langsung menggarap skripsi anda. dan perlu diingat bahwa dalam penggarapan skripsi yang terpenting adalah intensitas dan kuantitas dalam menggarap. masalah kualitas dapat diolah melalui bimbingan skripsi. banyak mahasiswa yang terlalu fokus pada kualitas tetapi mandek berbulan-bulan. padahal pada penggarapan skripsi kualitas diolah bersama pembimbing skripsi. jangan mendek jika skripsi anda di revisi
5. Cara buat
jika sudah siap kita langsung buat judul nya. caranya adalah tentukan what, how and who
contoh :

how : Pengaruh media gambar
what : Pembelajaran Fisika 
who : pada siswa SMP kelas VIII sekolah tertentu

jika di rangkai akan menjadi judul "Pengaruh media gambar terhadap pembelajaran Fisika pada siswa kelas VII di sekolah tertentu"
jika anda ingin meneliti tentang hubungan antar variabel. maka tinggal merubah kata yang paling depan. maka judul akan berubah menjadi " Hubungan antara media gambar dan Pembelajaran Fisika pada siswa kelas VIII di sekolah tertentu"
jika anda ingin membuat judul PTK. kata bagian depan dirubah dengan "meningkatkan" maka judul akan menjadi "Meningkatkan pembelajaran Fisika dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII pada sekolah tertentu"

simple kan!!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar